Halo sobat, selamat datang kembali di website tips dan trik Dumet School. Berjumpa kembali dengan saya pada artikel yang akan membahas seputar dunia website. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL tentunya kalian tahu apa itu MySql, MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional. Dengan menggunakan myqsl kita dapat menyimpan, membaca, mengupdate, dan menghapus data atau umumnya biasa kita sebut metode CRUD. Metode CRUD ini adalah dasar dari pengkolaborasian antara database dengan tampilan interface (website misalnya), untuk memanggil database kita akan mengenal bahasa query. Apa itu bahasa query,,?? Bahasa query biasa kita gunakan untuk akses database yang ada di mysql, yang artinya mysql akan berjalan dengan bahasa query. Nah bahasa query ini ada macam – macam kegunaannya, misalkan kita ingin menampilkan data berdasarkan id, nama, date atau alamat maka untuk perintah query nya harus benar. Pertama yang harus kita panggil adalah nama database nya kemudian nama tabel baru selanjutnya kita panggil data yang akan kita panggil berdasarkan id, nama, date atau alamat.

Pada latihan kali ini kita akan belajar Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL dimana fungsi where in akan kita sering pakai untuk memanggil data berdasarkan id, nama, date atau alamat. Baik langsung saja kita implementasikan, pertama kita buat database terlebih dahulu dengan nama kalian masing – masing. Disini saya membuat dengan nama saya sendiri

ketikkan pada url nya localhost/phpmysql kemudian buat database nya

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Buat tabel di dalam database nya seperti ini

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Saya membuat tabelnya dengan data_customer dan spesifikasi data nya seperti di bawah ini

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Untuk id nya teman – teman berikan AUTO_INCREMENT dan primary_key nya, jika sudah insert data di dalam tabelnya

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Kemudian kita akan menggunakan query nya untuk menampilkan berdasarkan kota, teman – teman klik tombol inline

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Dan ketikkan query nya seperti ini

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Maka yang akan di tampilkan hanya nama kota = “jakarta barat”

Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL

Seperti yang teman – teman lihat pada gambar di atas ini yang tampil adalah berdasarkan kota = “jakarta barat” baru nanti akan di tampilkan pada interface nya. Oke sekian pada artikel kali ini tentang Cara Menggunakan WHERE Pada MySQL teman – teman bisa mencobanya sendiri dengan fungsi WHERE nya karena memang fungsi ini sering kali di gunakan untuk menampilkan data berdasarkan yang ingin kita tampilkan. Kita jumpa lagi pada pertemuan berikutnya, terimakasih dan sampai jumpa.

Semoga bermanfaat 🙂