Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Menggunakan Password hash dan Password Verify pada PHP. Password_hash() merupakan salah satu fungsi PHP yang bertujuan untuk melakukan hash dengan menggunakan algoritma hashing satu arah (one-way hashing). Password hash dapat berfungsi pada PHP 5.5.0 keatas.

Pada password hash terdapat sebuah algoritma hashing satu arah, maksudnya yaitu data yang telah kita inputkan menggunakan password hash, maka kita tidak dapat melihat data aslinya kembali, seperti misalnya data yang kita inputkan berupa nama seperti dumetschool maka kata dumetschool tersebut akan dirubah menjadi kode yang selalu berubah-ubah.

Password hash() tersebut banyak sekali digunakan untuk pembuatan login system, untuk penginputan password/kata sandi, jika password yang telah di hash menggunakan fungsi password_hash() maka akan terlihat kode acak seperti dibawah ini :

Untuk contoh sederhana penggunaan password hash yaitu seperti di bawah ini :

Jika kita lihat hasil dari outputnya yaitu berupa kode acak seperti di bawah ini :

Cara Menggunakan Password hash dan Password Verify pada PHP

Ket :

  • password_hash() merupakan fungsi untuk hashing
  • dumetschool merupakan password yang kita buat
  • PASSWORD_DEFAULT() merupakan algoritma yang berfungsi untuk melakukan hashing dengan menggunakan BCRYPT dan akan mengkasilkan output password sepanjang 60 karakter.
  • $options merupakan sebuah nama variable array untuk menampung nilai cost, dan variable $option ini tidak wajib kita masukan dan nama variablenya juga dapat kita rubah.
  • cost merupakan parameter yang di gunakan untuk menentukan berapa banyak hash dilakukan jika kita memasukan nilai 10 maka proses untuk hashing akan dilakukan sebanyak 1024 kali.

Nah untuk hasil kode diatas tidak akan bisa dirubah lagi dalam bentuk aslinya menjadi text yang awalnya kita inputkan dengan menggunakan fungsi password_verify()

password_verify merupakan fungsi yang terdapat pada PHPyang bertujuan untuk melakukan verifikasi (mencocokan) data yang telah kita hash sebelumnya dengan menggunakan fungsi password_hash()

Untuk contoh password_verify() seperti dibawah ini :

Ket :

  • $hash merupakan variable untuk menampung nilai dari data yang dihasilkan dari proses hash dengan menggunakan fungsi password_hash()
  • password_verify() merupakan fungsi untuk mencocokan data asli dengan data yang telah di hash
  • dumetschool merupakan password yang kita buat.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Menggunakan Password hash dan Password Verify pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Cara Menerapkan Password_hash() dan Password_verify() Pada Login System