Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan perulangan dengan oop. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Perulangan object atau jika diartikan kedalam bahasa inggris disebut dengan object iteration dimana adalah suatu perulangan yang dgunakan untuk menampilkan properti-property yang ada didalam object.  Namun PHP memberi jalan bagi sebuah object supaya bisa didefinisikan, jadi dalam hal sebenarnya ada keuntungan  membuat perulangan melalui sebuah daftar item misalnya menggunakan foreach. Secara default semua properti yang visible akan ditampilkan termasuk properti protected dan private.

PHP menyediakan interface untuk menangani perulangan object yang diberi nama Iterator. Dengan sebuah interface tersebut, object dapat menentukan bagaimana sebuah object tersebut akan diulang dan nilai apa saja yang tersedia pada setiap perulangan. Interface Iterator digunakan untuk mengakses atau memanipulasi suatu array. Dengan mengimplementasikan interface Iterator maka teman-teman dapat menggunakan foreach pada class yang dibuat seperti halnya array. Untuk membuatnya teman-teman bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama index.php di dalam folder project web server teman-teman.
  • Selanjutnya jika teman-teman sudah membuat file tersebut, ketikan perintah seperti dibawah ini

  • Jika sudah save file tersebut dan lihat hasilnya melalui browser kesayangan teman-teman dengan mengetikan url http://localhost/nama_folder

Sampai disini saya harap teman-teman sudah memahami penjelasan yang saya berikan, dan jika tidak tampil apa-apa pastikan teman-teman sudah mengikuti cara menggunakan perulangan dengan oop, semoga bermanfaat.