Melanjutkan dari sesi sebelumnya dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan phpmailer di php part2. Jika pada penjelasan yang sebelumnya teman-teman sudah melakukan download master dari PHPMailer dan sudah melakukan pembuatan file index.php, dimana dari file index.php tersebut adalah file yang didalamnya terdapat komponen-komponen form seperti email, subject dan body (isi dari pesan emailnya), dan pada tahapan selanjutnya yang akan saya berikan disini yaitu membuat function kirim_email() yang dimana didalam function tersebut berisikan kode kebutuhan-kebutuhan untuk mengirim email dari library PHPMailer tersebut. Langsung saja untuk melanjutkan tahapan yang sebelumnya kalian bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Kalian buat lagi satu buah file dengan nama mailer.php sejajar dengan file index.php yang sebelumnya sudah dibuat
  • Jika sudah selanjutnya ketikan kode seperti berikut :

Keterangan : untuk kode¬†$mail->Username = ’email@gmail.com’; dan $mail->Password = ”;¬† sesuaikan dengan email dan password yang akan dijadikan email pengirim kalian.

  • Jika sudah kalin save terlebih dahulu file mailer.php tersebut dan lihat hasilnya di browser dengan mengetikan http://localhost/nama_folder_project.
  • Apabila kalian mengikuti tahapan saya dengan benar maka sampai disini kalian sudah berhasil menggunakan PHPMailer.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan phpmailer di php part2, semoga bermanfaat.