Pada tutorial kali ini anda akan belajar dan memahami  bagaimana cara menggunakan query builder class di codeigniter beserta contoh penggunaannya.

Hai semuanya kembali lagi di artikel tutorial dumetschool setelah sekian lama saya absen menulis di blog ini karena mengurus blog yang lain sekarang saya kembali dan membawa materi tentang framework codeigniter.

Apa yang akan kita ingin bahas tentang codeigniter ? sesuai judul yaitu cara menggunakan query builder class di codeigniter. sebelum kita bahas lebih lanjut kita harus tau dulu apa itu query builder class ?

Secara sederhana  query builder class adalah  sebuah pola yang di sediakan oleh codeigniter untuk mengakses database dan melakukan query pada database tersebut dengan menggunakan pola class . manfaatnya

Misalnya untuk selecting data :

query biasa : SELECT * FROM nama_table ;

Query builder : $query = $this->db->get(‘nama_table’);

 

Sampai di sini paham ya bedanya ? walaupun hasilnya akan sama saja , sekarang silahkan lihat implementasinya :

 

Model

controler

views

 

hasilnya seperti ini :

 

 cara menggunakan query builder class di codeigniter

 

hasilnya akan sama saja dengan query yang biasa , kalau hanya untuk query sederhana memang tidak terasa tetapi kalau ada query yang panjang baru berasa kegunaannya 🙂

 

oke itu saja dari saya untuk artikel tentang cara menggunakan query builder class di codeigniter , semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.