Tutorial MySQL ini menjelaskan cara membuat urutan menggunakan atribut AUTO_INCREMENT di MySQL dengan sintaks dan contoh.

Penjelasan

Di MySQL, Teman-teman bisa membuat kolom yang berisi urutan angka (1, 2, 3, dan seterusnya) dengan menggunakan atribut AUTO_INCREMENT. Atribut AUTO_INCREMENT digunakan saat teman-teman perlu membuat nomor unik untuk bertindak sebagai primary key dalam sebuah tabel.

 

Syntax

Penulisan Syntax untuk membuat urutan (atau menggunakan atribut AUTO_INCREMENT) di MySQL adalah:

 

AUTO_INCREMENT
Atribut yang digunakan saat teman-teman ingin MySQL menetapkan urutan angka secara otomatis ke sebuah bidang (pada intinya, membuat field autonumber).
NULL or NOT NULL
Setiap kolom harus didefinisikan sebagai NULL atau NOT NULL. Jika parameter ini dihilangkan, basis data mengasumsikan NULL sebagai default.
Catatan
  • Teman-teman dapat menggunakan fungsi LAST_INSERT_ID untuk menemukan nilai terakhir yang ditetapkan oleh bidang AUTO_INCREMENT.

 

Contoh

Mari kita lihat contoh bagaimana menggunakan urutan atau atribut AUTO_INCREMENT di MySQL.

Sebagai contoh:

 

Contoh MySQL menggunakan Atribut AUTO_INCREMENT ini membuat tabel yang disebut kontak yang memiliki 4 kolom dan satu primary key:

  • Kolom pertama disebut contact_id yang dibuat sebagai datatype INT (maksimal 11 digit panjangnya) dan tidak dapat berisi nilai NULL. Ini ditetapkan sebagai field AUTO_INCREMENT yang berarti bahwa itu adalah field autonumber (mulai dari 1, dan incrementing oleh 1, kecuali ditentukan lain.)
  • Kolom kedua disebut last_name yang merupakan datatype VARCHAR (maksimal 30 karakter) dan tidak dapat berisi nilai NULL.
  • Kolom ketiga disebut first_name yang merupakan datatype VARCHAR (panjang maksimal 25 karakter) dan dapat berisi nilai NULL
  • Kolom keempat disebut ulang tahun yaitu date datatype dan dapat berisi nilai NULL.
  • Kunci utama disebut contacts_pk dan diatur ke kolom contact_id.

 

Mengatur nilai awal atribut AUTO_INCREMENT.

Sekarang setelah teman-teman membuat tabel menggunakan atribut AUTO_INCREMENT, bagaimana teman-teman dapat mengubah nilai awal bidang AUTO_INCREMENT jika teman-teman tidak ingin memulai dari 1?

teman-teman dapat menggunakan pernyataan ALTER TABLE untuk mengubah atau menetapkan nilai berikutnya yang ditetapkan oleh AUTO_INCREMENT.

Syntax

Di MySQL, syntax untuk mengubah nilai awal kolom atribut AUTO_INCREMENT dengan menggunakan pernyataan ALTER TABLE adalah:

table_name
Nama tabel yang nilai AUTO_INCREMENT yang ingin Anda ubah. Karena tabel di MySQL hanya bisa berisi satu kolom AUTO_INCREMENT, Anda hanya diminta untuk menentukan nama tabel yang berisi urutannya. Anda tidak perlu menentukan nama kolom yang berisi nilai AUTO_INCREMENT.
start_value
Nilai berikutnya dalam urutan untuk ditetapkan dalam kolom AUTO_INCREMENT.
Contoh

Mari kita lihat contoh bagaimana mengubah nilai awal kolom AUTO_INCREMENT dalam tabel di MySQL.

Sebagai contoh:

Contoh atribut AUTO_INCREMENT MySQL ini akan mengubah nilai berikutnya di bidang AUTO_INCREMENT (yaitu: nilai berikutnya dalam urutan) menjadi 100 untuk field contact_id di tabel kontak.