Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan session di php part1. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Session adalah fungsi yang dapat digunakan di PHP guna untuk menyimpan data sementara ke dalam suatu variable untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk proteksi keamanan system yg dibuat dan selama browser tersebut tidak ditutup atau di close maka session tersebut tetap aktif terkecuali dari session tersebut di hapus. Biasanya untuk pembuatan session tersebut diterapkan di form login dimana session tersebut didapatkan dari tabel users seperti username, level dan yg lainnya untuk berbagai keperluan nantinya. namun untuk membuat session tersebut, terdapat beberapa aturan khusus. Di awal baris kode sebelum membuat session harus terdapat kode session_start().

session_start() berfungsi untuk memulai menggunakan session, dan kode tersebut wajib ada diawal baris kode program. Selanjutnya baru bisa membuat session dengan perintah dengan menggunakan kode $_SESSION[“nama_sessionnya”] (untuk nama sessionnya biasanya disesuaikan dari fields tabel database). Sedangkan fungsi session_destroy(); adalah untuk menghapus semua session yang terdaftar, dan bisanya kode tersebut dibuat di halaman logout.

Sebagai contoh saya akan membuat proses login yang disertakan logout dengan session.

Berikut Penjelasannya

  • Buat terlebih dahulu 1 buah table dengan nama members dengan spesifikasi seperti gambar dibawah ini

table cara menggunakan session di php

  • Selanjutnya isikan record tabel berikut dengan password MD5

Sampai disini dan untuk penjelasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara menggunakan session di php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.