Tutorial MySQL ini menjelaskan Cara Menggunakan Statement MySQL DELETE LIMIT dengan sintaks dan contoh.

Deskripsi

Statement MySQL DELETE LIMIT digunakan untuk menghapus record dari tabel di MySQL dan membatasi jumlah record yang terhapus berdasarkan nilai limit.

Syntax

Syntax untuk Statement MySQL DELETE LIMIT adalah:

Penjelasan Parameter
table
table yang recordnya mau dihapus
WHERE conditions
Pilihan. Kondisi yang harus dipenuhi agar catatan bisa dihapus.
ORDER BY expression
Pilihan. Ini digunakan dalam pernyataan DELETE LIMIT sehingga Anda dapat memesan hasilnya dan menargetkan catatan yang ingin Anda hapus.
LIMIT row_count
Ini menentukan jumlah baris yang terbatas dalam hasil yang ditetapkan untuk dihapus berdasarkan row_count. Misalnya, LIMIT 10 akan menghapus 10 baris pertama yang cocok dengan kriteria hapus. Di sinilah urutan masalah jadi pastikan untuk menggunakan klausa ORDER BY secara tepat.
Catatan
  • Anda tidak perlu mencantumkan bidang dalam statement MySQL DELETE LIMIT karena Anda menghapus keseluruhan baris dari tabel.

 

Contoh

Mari kita lihat bagaimana menggunakan statement MySQL DELETE dengan klausa LIMIT di MySQL.

Sebagai contoh:

 

Contoh statement MySQL DELETE LIMIT ini akan menghapus 2 record pertama dari tabel kontak dimana situs webnya adalah ‘dumetschool.com’. Perhatikan bahwa hasilnya diurutkan berdasarkan contact_id dalam urutan menurun sehingga ini berarti bahwa 2 nilai contact_id terbesar akan dihapus dengan pernyataan DELETE LIMIT.

Jika ada catatan lain di tabel kontak yang memiliki nilai situs web ‘dumetschool.com’, mereka tidak akan dihapus oleh pernyataan DELETE LIMIT di MySQL.

Jika kita ingin menghapus nilai contact_id terkecil daripada dua terbesar, kita bisa mengubah urutan seperti berikut:

Sekarang hasilnya akan diurutkan berdasarkan contact_id dalam urutan naik, jadi dua catatan contact_id terkecil yang memiliki situs ‘dumetschool.com’ akan dihapus dengan statement MySQL DELETE LIMIT ini. Tidak ada catatan lain yang akan terpengaruh.