Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan switch and break di php. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Switch and Break di php adalah Struktur logical percabangan yang dapat digunakan tanpa adanya batas maksimal penggunaan, sama halnya seperti percabangan lainnya seperti if dan elseif dimana dari logical percabangan tersebut dapat dibuat kondisi sesuka hati tanpa adanya batas penggunaan, dan untuk proses dari hasil percabangan tersebut akan dicek satu persatu sesuai dengan kondisi yang dicari dan apabila kondisi tersebut tidak ditemukan maka akan melakukan pencarian sebanyak kondisi tersebut yang ada dan akan memproses kondisi yang ditemukan namun juga sebaliknya apabila kondisi yang dicari tidak ditemukan maka memproses kondisi default dari case kondisi yang ada. Atau jika pada percabangan if dan else, kondisi default jika statement yang dicari tidak ditemukan maka akan memproses kondisi else.

Switch and Break dapat digunakan untuk membuat halaman dinamis yang didalamnya terdapat banyak aksi seperti display data, create form, update form dan dellete data, karena dari semua aksi tersebut dibuat didalam satu file yang sama dengan statement kondisi yang berbeda-beda. Seperti contohnya, disini saya akan membuat halaman dinamis untuk CRUD halaman siswa yang dimana pada contoh disini saya buat sangat simple dan belum menggunakan database (data yang ditampilkan masih statis). Dan untuk memmbuatnya kalian bisa ikuti tahapan yang saya buat dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  • Teman-teman buat satu buah folder project dengan nama latihan didalam folder webserver local kalian
  • Buat satu buah file index.php didalam folder project tersebut
  • Jika sudah, ketikan kode seperti berikut didalam file index.php

Sampai disini dan untuk penjelasan selanjutnya, akan saya jelaskan cara menggunakan switch and break di php pada sesi berikutnya, semoga bermanfaat.