Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang PHP yaitu Cara Menggunakan UUID Di PHP Native, banyak dari kita termasuk saya sebelum menyadari adanya fungsi ini 🙂 yang masih menggunakan AUTO INCREAMENT untuk primary di dalam table. Belum memiliki masalah dengan itu ? 🙂 kalau belum simak lanjutanya.

1. Masalah keamanan akan jadi persoalan serius
Biasanya saat kita menggunakan auto increament dalam aplikasi kita URL akan di tampilkan biasanya akan seperti ini :


 

Bagaimana jika ada seseorang jail katakanlah seorang hacker yang iseng ingin mengetahui ID apa saja yang kita gunakan dalam database kita dia hanya cukup membuat sintak sederhana seperti ini untuk mengetahui seluruh ID primary yang kita gunakan .

 

Tentu ini sangat amat mebahaayakan data kita.

2. Konflik data
Pasti semua teman-teman mengetahuinya ya bahwa penggunaan primary key harus bersifat UNIK tidak boleh sama antara satu dengan yang lain, anggaplah  kita membuat aplikasi untuk kantor A setelah di gunakan dan memiliki data yang sangant besar hingga 1000.000 record suatu saat kita di minta untuk mengimplementasikan aplikasi kita juga ke kantor B sampai di sini belum ada masalah karena kedua kantor tersebut memiliki server sendiri-sendiri dan suatu saat demi alasan efisiensi dan anggaran kantor menginginkan untuk di gabungkan antara A dan B menjadi satu sever saja.  DISINI LETAK BENCANANYA, karena jika di gabungkan akan banya data yang akan konflik antara A dan B karena memiliki Primary key yang sama karena menggunakan AUTO INCREAMENT. jika itu terjadi saya cuma bisa mengucapkan GANBATE (SEMANGAT) 🙂

Solusinya adalah kita bisa menggunakan UUID , apa itu UUID ?

ini adalah contoh UUID :

f936fd4c-5153-4fa6-9878-5f7bc94e6f5a
ae2f6bfa-f5cb-40c4-a7af-26ab90fa5e4d
d34cc17c-8800-4586-8883-ea625b601ca0

jika menggunakan primary key seperti ni maka akan sangat sulit untuk mengetahuinya atau menbak-nebaknya.

Saya akan memberikan contoh memuatnya di PHP native :

Jalankan maka akan menampilkan random UUID setiap kita memanggilnya.

Ini penggunaanya di PHP native lalu untuk di framwork gimana ? BISA KOK tetapi masing-masing cara penggunaanya berbeda tergantung FW apa yang kita pakai. oke sekian dulu dari saya tentang Cara Menggunakan UUID Di PHP Native.