Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menggunakan XMLHttpRequest ajax. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, XMLHttpRequest adalah fungsi ajax atau API yang terdapat didalam bahasa pemrograman Javascript. XMLHttpRequest digunakan untuk mengirimkan permintaan seperti HTTP dan HTTPS ke server web dan untuk memuat respon data server kembali ke skrip. Ajax bisa digunakan dengan bahasa pemrograman JavaScript dan jQuery, dan fungsi XMLHttpRequest itu sendiri dapat digunakan jika kalian membuat ajax dengan JavaScript. Namun sayangnya, untuk browser versi Internet Explorer 5/6 tidak support namun kalian tidak perlu khawatir, karena kalian dapat menggunakan ActiveXObject. Jadi jika ingin support di browser versi lawas dan versi terbaru kalian bisa menggunakan kedua fungsi tersebut dengan menerapkan kondisi seperti berikut :

Selanjutnya, selain dari fungsi XMLHttpRequest, kalian bisa menggunakan method untuk mengirimkan perintah ke server yang dilakukan melalui protokol http dan https dengan menggunakan method cek_browser.open() dan cek_browser.send(). Dimana dari fungsi .open() adalah berfungsi untuk menentukan method yang digunakan beserta dengan link file yang digunakan untuk mengolah data seperti file .json, .xml atau .php sedangkan .send() berfungsi untuk mengirimkan data yg ingin diolah dari file yang ditentukan di method.

Berikut contoh penggunaan dari kedua fungsi atau method tersebut :

Terlihat perbedaan dari setiap method yang ingin digunakan seperti di atas, jika ingin menggunakan method post atau jika ingin melempar nilai harus ditambahkan kode variable.setRequestHeader(‘Content-Type’, “application/x-www-form-urlencoded”); dan untuk variable adalah nama variable yang kalian buat. Sedangkan jika kalian menggunakan method GET tanpa kode .setRequestHeader tersebut.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menggunakan XMLHttpRequest ajax, semoga bermanfaat.