Pada tutorial kali ini kita akan menjelaskan tentang Cara Menghapus Folder Dengan Menggunakan Fungsi Rmdir() Pada PHP, rmdir() adalah sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghapus folder atau directory, folder yang dapat dihapus dengan menggunakan fungsi rmdir() ini hanya folder yang kosong saja, namun jika didalam folder tersebut terdapat sebuah file maka file yang ada didalam folder tersebut haruslah dihapus terlebih dahulu barulah folder tersebut dapat dihapus dengan menggunakan fungsi rmdir() ini.

Cara penulisan dari rmdir() ini yaitu :

  • Name, merupakan nama directory atau nama folder yang akan kita hapus dan ini harus wajib di isi.
  • Context, opsional, merupakan konteks dalam menangani file, maksudnya yaitu pilihan yang dapat kita modifikasi.

Nah Cara Menghapus Folder Dengan Menggunakan Fungsi Rmdir() Pada PHP yaitu silahkan teman-teman simpan script dibawah ini dengan nama hapus.php

Pada script diatas terdapat fungsi preg_replace yang berfungsi untuk mengecek standar directory atau standar penulisan dari folder yang kita buat, dan pada saat kita membuat nama folder tidak dibenarkan menggunakan simbol-simbol atau kode-kode seperti “[^\w\s\d\-_~,;:\[\]\(\].]|[\.]{“.

Berikutnya pada script diatas terdapat fungsi if dan else yang berfungsi untuk pengecekan directory yang akan kita buat, dan proses tersebut juga bertujuan untuk mencegah terjadinya error, jika folder yang di eksekusi tidak ada maka fungsi rmdir tidak akan dieksekusi atau diproses. Pada script diatas juga terdapat fungsi rmdir() yang berfungsi untuk menghapus folder atau directory, jika folder berhasil dihapus maka akan muncul sebuah pesan berhasil, dan jika gagal maka akan muncul pesan error atau gagal.

Jika script diatas kita jalankan pada browser maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Cara Menghapus Folder Dengan Menggunakan Fungsi Rmdir() Pada PHP

Oke teman-teman itu lah pembahasan kita kali ini tentang Cara Menghapus Folder Dengan Menggunakan Fungsi Rmdir() Pada PHP.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Cara Membuat Folder Dengan Menggunakan Fungsi Mkdir() Pada PHP