Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menghilangkan index.php di url CodeIgniter. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, secara defaultĀ  CodeIgniter menyediakan URI segment index.php yang dapat teman-teman gunakan atau tidak. Untuk URI segment tersebut tidak berpengaruh apapun untuk project yang teman-teman buat apabila digunakan maupun tidak digunakan, hanya saja dari URL website yang teman-teman buat nantinya, apabila teman-teman gunakan index.php tersebut hanya saja URL website yang teman-teman buat nantinya terdapat index.php pada URI segment pertama seperti contoh berikut http://domain.com/index.php, namun apabila teman-teman tidak menyertakan index.php tersebut URL website teman-teman nantinya akan seperti contoh berikut http://domain.com.

Tentunya jika teman-teman mengacu kesalah satu persyaratan google dalam melakukan pengembangan SEO untuk website teman-teman ialah salah satunya URL yang terdapat di website teman-teman haruslah ramah atau SEO Friendly, supaya mudah dikenali oleh mesin pencari seperti Google. Tentunya pilihan tersebut untuk menyertakan index.php atau tidaknya ialah tergantung pilihan teman-teman sendiri. Namun saya sangat menyarankan untuk tidak menyertakan index.php tersebut, karena selain tujuannya untuk membuat URL website nantinya menjadi SEO Friendly disamping itu terdapat beberapa kemudahan lainnya apabila teman-teman tidak menggunakannya. Salah satunya adalah lagi adalah untuk kemudahan teman-teman dalam memanipulasi data yang ditampung ke dalam URL segment nantinya. Meskipun index.php tersebut tidak masuk hitungan ke dalam URI segment namun dapat mengecohkan teman-teman dalam menentukan segment-segment yang terkait.

Langsung saja untuk menghilangkan index.php tersebut teman-teman dapat ikuti langkah-langkah berikut :

  • Teman-teman buka terlebih dahulu file config.php yang ada didalam folder application/config/config.php (buka dengan aplikasi editor pemrograman teman-teman)
  • Selanjutnya cari baris kode $config[‘index_page’] = ‘index.php’; dan hapus value index.php yang terdapat di variabel index_page tersebut.
  • Selanjutnya jika sudah teman-teman save file config.php tersebut.
  • Selanjutnya buat file baru dengan nama .htaccess yang sejajar dengan folder application, system dan user_guide seperti pada contoh gambar dibawah ini :

cara menghilangkan index.php di url CodeIgniter

  • Selanjutnya teman-teman buka file htaccess tersebut dan masukan kode seperti dibawah ini kedalam file .htaccess tersebut

  • Selanjutnya save file tersebut dan lihat hasilnya di browser teman-teman dengan mengakses URL website localhost teman-teman.
  • Jika teman-teman berhasil mengikuti tahapan saya dengan benar, maka index.php tidak ada lagi di URL project CodeIgniter teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menghilangkan index.php di url CodeIgniter, semoga bermanfaat.