Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menghitung jumlah array di php. Seperti yang sudah teman-teman ketahui. Array adalah kumpulan dari beberapa data yang disimpan ke dalam satu variabel. Variabel tersebut dapat menampung lebih dari satu nilai dengan menggunakan Array dan dimulai dari angka 0 s/d seterusnya untuk perhitungannya. Sebagai contoh, saya akan menampilkan data jabatan ke dalam satu variabel dengan nama $jabatan.

Berikut penulisannya :

Tiap nilai dalam array tersebut disebut elemen dan dapat diakses dengan menggunakan index. PHP mengenal dua macam index, yaitu index numerik dan index asosiatif. Index numerik yaitu menggunakan angka untuk menandai setiap elemen, sedangkan index asosiatif memberi nama untuk masing-masing elemen. Dan untuk menghitung jumlah array tersebut, teman-teman bisa menggunakan kode php count(); seperti di bawah ini :

 

Pada contoh menghitung array disini saya akan kombinasikan penerapannya untuk membuat combo box jabatan dengan array :

  • teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama index.php
  • Salin kode seperti dibawah ini :

  • Jika sudah teman-teman save file tersebut terlebih dahulu dan lihat hasilnya pada browser teman-teman.
  • pada kode $jabs = count($jabatan)-1; adalah kode untuk menghitung jumlah array yang kemudian dikurangi 1, dikarenakan pada data array di php akan dimulai dari angka 0 dan seterusnya.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara menghitung jumlah array di php. Seperti yang sudah teman-teman ketahui, semoga bermanfaat.