Hallo sobat program, bertemu kembali dengan saya Rizal dan masih diwebsite dumetschool. Dikesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial dan tips bagaimana Cara Menghitung Jumlah Karakter String dengan PHP.

Pembahasan ini saya ambil dari kasus saya yang pada saat itu disuruh harus mengetahui berapa banyaknya string karakter yang di input oleh user. Dan di PHP fungsi untuk Cara Menghitung Jumlah Karakter String dengan PHP menggunakan fungsi strlen. Jadi strlen ini sebuah fungsi dari PHP dimana digunakan untuk menghitung jumlah atau banyaknya karakter string.

Oke untuk definisi dari fungsi strlen saya rasa sudah sangat jelas ya teman-teman, lalu untuk syntax dan penggunaan dari strlen bisa teman-teman simak dibawah ini :

Syntax strlen = strlen(string)

Dan untuk penggunaannya saya kombinasikan dengan form input, teman-teman bisa copy script dibawah ini :

Pada kode diatas saya membuat satu form input dimana untuk menampung inputan user yang berupa string atau karakter kemudian saya cetak dengan menggunakan fungsi strlen PHP.

Dari kode diatas jika dijalankan, maka hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Menghitung Jumlah Karakter String dengan PHP

Jadi kurang lebihnya seperti itulah untuk penggunaan dari fungsi strlen untuk menghitung jumlah karakter string.

Oke kalau begitu saya rasa cukup sampai disini dahulu pembahasan kita, dan semoga bermanfaat buat teman-teman. Sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih