Pada tutorial kali ini anda akan belajar dan memahami bagaimana Membuat authentication DI Codeigniter Dengan Menggunakan Library Ion Auth, sebelum kita mencobanya kita harus tau dahulu apa itu ion auth library ?

Ion auth adalah sebuah library authentication yang berguna untuk melakukan otentikasi terhadap user pengguna webaplikasi tersebut saat user sedang login, nah jika kita perhatikan sebagai programmer atau sebagai user yang paham dengan sebuah sistem, hampir semua web aplikasi pasti memiliki proses otentikasi saat proses loginnya yang memiliki tujuan agar tidak sembarangan orang dapat mengkases salah satu bagaian di website tersebut.

Kekuranganya Pada codeigniter adalah di CI tidak ada library untuk proses otentikasi yang bisa mempermudah programmer untuk membuat sebuah proses login, di CI kita harus membuatnya dengan cara menual.

Nah untuk menjembatani itu hadirlah sebuah thrid party atau library yang bernama Ion Auth,  yang mana berguna untuk para programmer dalam membuat proses otentikasi pada web aplikasi mereka.

 

baik selanjutnya untuk Library Ion Auth bisa kalian download DI SINI

setelah di download makan akan memiliki isi sebagai berikut :

 

lalu kita pindahkan folder :

  • config
  • controllers
  • libraries
  • model
  • view

dan paste kan ke project folder codeigniter kita .

lalu ke config->autoload , panggil ion_auth nya :

 

konfigurasiny selesai.

 

Setelah semua file di-copy pada tempatnya masing-masing, pada folder sql terdapat file *.sql yang merupakan struktur tabel yang dibutuhkan leh ion auth, impor file sql ini pada database Anda:

oke setelah itu silahkan jalankan project anda :

localhost/bayu/integrasi_ion_auth/index.php/auth/login

maka tampilan login beserta fungsinya telah berhasil di buat,  login tersebut sudah lengkap dengan otentikasinya dan insert pengguna , update, delete dan lupas password.

 

Baiklah itu saja dari saya tentang Membuat authentication DI Codeigniter Dengan Menggunakan Library Ion Auth, silahkan di kembangkan lagi dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.