Halo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mengirim Variabel (Pesan) Antar Halaman PHP.Dari cara penanganan objek form dengan method=GET, kita dapat melihat bahwa HTML mengirimkan ’isi’ form melalui alamat URL. Cara pengiriman seperti ini bisa kita manfaatkan sebagai sarana mengirim pesan (dalam bentuk variabel) antar halaman PHP. Jika ditambah dengan fungsi header(), kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk menampilkan pesan kesalahan dari sebuah form.

Cara Mengirim Variabel Antar Halaman PHP

Dalam PHP terdapat beberapa cara untuk mengirim variabel antar halaman. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan cara pengiriman form dengan method=GET. Jika kita mengirim form dengan metode GET, maka hasil dari form akan ditambahkan di dalam menggunakan variabel superglobal $_GET.

Sebagai contoh, jika di dalam form terdapat kotak input dengan atribut name=user_name yang diisi dengan ’duniailkom’, maka ketika dikirim untuk diproses ke halaman proses.php, di dalam URL akan menjadi:

proses.php?username=marcell

dan didalam halaman proses.php, variabel $_GET[’username’] akan berisi ’marcel’. Kita bisa memanfaatkan ini untuk berbagai hal, dan dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan cara ini untuk menampilkan pesan kesalahan dari form.

Untuk dapat mengirimkan variabel melalui URL, terdapat beberapa aturan penggunaan karakter. Berikut adalah contoh hasil pengiriman dari sebuah halaman:

proses.php?nama=marcel&email=aviorre@gmail.com&pesan=welcome

perhatikan bahwa tanda ’?’ digunakan untuk mengawali pengiriman variabel, tanda ’=’ digunakan sebagai pengisi nilai variabel, tanda ’&’ untuk memisah’kan antara variabel yang satu dengan yang lain, dan tanda ’+’ sebagai pengganti karakter ’spasi’.

Redirect halaman dengan fungsi header(Location:)

Fungsi header() di dalam PHP digunakan untuk memproses HTTP header. Fungsi header() memiliki banyak fitur, namun yang akan kita manfaatkan adalah fitur untuk mengirim user ke halaman lain atau dikenal dengan istilah: redirect.

Untuk ’mengirim’ user ke sebuah halaman, kita menggunakan Location:register.html sebagai argumen fungsi header(). Misalkan kita ingin mengirim user ke halaman register.html pada situs aviore.com, maka penulisan fungsi header() adalah sebagai berikut:

header("Location: http://www.aviore.com/register.html")
Halaman yang dituju tidak harus berupa halaman HTML, tetapi juga halaman PHP, atau bahkan file multimedia seperti gambar. Fitur ini akan kita manfaatkan untuk menampilkan pesan kesalahan form dalam PHP. Untuk menampilkan pesan kesalahan pada form akan dilanjutkan pada part 2. Semoga bermanfaat.