Halo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan menlanjutkan tentang Cara Mengirim Variabel (Pesan) Antar Halaman PHP.

Cara Menampilkan Pesan Kesalahan Form

Namun pesan kesalahan tersebut hanya ditampilkan pada halaman proses.php. Jika user ingin mengubah isian form, terpaksa kembali kehalaman form.html untuk memperbaiki kesalahan form.

Jika pada saat pengisian form umum lalu ada kesalahan maka user akan dikembalikan ke halaman form, dengan pesan kesalahan. Untuk membuat seperti itu, kita akan memanfaatkan fungsi PHP: header().

Menggunakan halaman form.html dan proses.php, kali ini saya akan memodifikasi halaman proses.php agar bisa memanfaatkan fungsi header(). Berikut adalah modifikasi file proses.php:

Saya hanya mengubah bagian error menggunakan fungsi header(). Namun perhatikan bahwa saya mengirimkan variabel error kepada halaman form.php, pesan inilah yang akan diproses pada halaman form.php.

Berikut adalah kode dari halaman form.php:

Pada halaman form.php saya menambahkan beberapa kode PHP. Kode PHP ini berfungsi untuk menangani variabel error yang dikirimkan dari halaman proses.php.

Setelah memindahkan variabel $_GET[‘error’] ke dalam variabel $error agar mudah diakses, selanjutnya saya membuat beberapa logika IF untuk memeriksa pesan error, dan memberikan ‘pesan kesalahan’ yang ingin ditampilkan kedalam variabel $pesan.

Variabel $pesan ini akan disisipkan di awal tag form. Biasanya pesan kesalahan ini ditampilkan dengan style yang berbeda dari judul form agar lebih ‘pas’. Semoga bermanfaat.