Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang bagaimana Cara Mengkonversi Data Di Mysql Menjadi Json Dengan Menggunakan PHP, sebelum kita memulai bagaimana cara mengkonversinya kita harus tahu dulu apa itu jason dan fungsinya apa kita ubah data ke dalam bentuk jason ?

Json yang memiliki nama lengkap (Javascript Object Notation) adalah format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan dan dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 – Desember 1999.

ada beberapa kelebihan si json ini yaitu :

  • Ukuran lebih kecil di banding dengan XML
  • Json tidak perlu library tambahan
  • Format data yang sederhana.
  • Format support di setiap bahasa pemprogramman

Baiklah setelah kita tahu apa itu json dan buat apa fungsinya , sekarang kita mencoba membuatnya dengan Cara Mengkonversi Data Di Mysql Menjadi Json Dengan Menggunakan PHP, kita akan membuat konversi data dari database dan kita akan menampilkanya menjadi format data json.

Sebagai contoh kita buat dulu table nya :

lalu kita isikan data pada table tersebut :

 

Kita buat koneksi dengan menggunakan API Mysqli beserta peroses query dan konversinya:

jika tidak ada error maka apa bila di jalankan akan menampilkan data dengan format json seperti berikut :

Cara Mengkonversi Data Di Mysql Menjadi Json Dengan Menggunakan PHP

baiklah itu dia tadi artikel tentang pembahasan Cara Mengkonversi Data Di Mysql Menjadi Json Dengan Menggunakan PHP , semog ermanfaat dan sampai bertemu pada artikel selanjutnya.