Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Cara Mengkonversi Teks ke Gambar menggunakan PHP. Sebagian besar operasi berbasis gambar dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi built-in PHP. Fungsi PHP berbasis gambar ada di library GD dan kita dapat menggunakannya untuk mengubah teks menjadi gambar. Sebelum itu, kita harus memastikan bahwa library GD diaktifkan dalam konfigurasi php. Anda juga dapat menjalankan fungsi PHP phpinfo () untuk memeriksa apakah GD diaktifkan.

Saya memasukan  input teks melalui formulir HTML ke kode PHP. Di PHP, saya memanggil fungsi library GD untuk mengubah input teks ini menjadi gambar. Saya membuat layer gambar untuk meletakkan teks dan background. Kemudian, saya menggabungkan layer dan menyalin bagian yang diperlukan untuk menampilkan gambar hasil akhir ke browser. Jika tidak ada teks yang dimasukkan, maka akan mncul pesan  validasi  dari JavaScript.

Di bawah ini contoh HTML untuk mendapatkan input teks dari user. Saat mengirimkan formulir ini, input teks akan divalidasi menggunakan JavaScript dan dikirim ke PHP. Setelah memproses konversi gambar, gambar output akan ditampilkan di bawah formulir ini

Konversi Teks ke Gambar menggunakan fungsi GD PHP

Di PHP, dengan penggunaan fungsi library GD, kita dapat mengubah input teks menjadi gambar. Saya membuat layer gambar transparan untuk menempatkan input teks ke atasnya. Kemudian saya membuat layer background gambar  dan menggabungkannya dengan layer input teks menggunakan imagecopymerge (). Setelah penggabungan, saya memotong bagian yang dibutuhkan dari lapisan yang digabung dengan menggunakan imagecopy () dan menampilkan gambar akhir ke browser.

OKe itulah tadi pembahsan saya tentang Cara Mengkonversi Teks ke Gambar menggunakan PHP, semoga bermanfaat.