Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih diwebsite dumetschool. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP.

Dipembahasan ini kita menggunakan salah satu fungsi dari PHP dimana berfungsi untuk mengconvert sebuah nilai yang tadinya berupa string menjadi sebuah array. Dan fungsi dari PHP tsb adalah Explode. Oke langsung saja kita mulai mencoba bagaimana fungsi explode ini digunakan serta hasilnya.

Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP

Oke setelah kita mengetahui definisi dari fungsi yang kita gunakaan saat ini yaitu explode maka langkah berikutnya kita harus mengetahui aturan penggunaan dari fungsi explode tsb. Teman-teman bisa lihat contoh syntax penggunaan fungsi explode dibawah ini :

Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP

Untuk penjelasan separator,string,limit diatas teman-teman bisa lihat contoh nya disini >>> KLIK HERE! https://www.w3schools.com/php/func_string_explode.asp

Oke langsung saja kita mulai untuk praktek menggunakan fungsi explode tsb. Langkah pertama teman-teman buat satu buah file php dengan nama bebas. Lalu langkah selanjutnya teman-teman ketikan kode PHP nya seperti pada contoh dibawah ini :

Dengan kode diatas jika kita jalankan maka hasil variable yang berupa nilai string sudah berhasil kita rubah menjadi sebuah array dan hasilnya seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP

Dan dengan sudah menjadi array kita bisa memanggil satu satu bagian dari convert diatas menjadi seperti ini :

Oke jika sudah maka hasilnya akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP

Jadi seperti itulah pembahasan kita kali ini tentang Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP. sangat mudah ya teman-teman.

Oke kalau begitu cukup sekian pembahasan saya kali ini tentang Cara Merubah Bentuk String Menjadi Array PHP semoga dapat sangat bermanfaat buat teman-teman dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Terimakasih