Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara merubah maksimal upload file php dengan .htaccess . Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, untuk merubah maksimal upload size file di php biasanya kalian perlu merubah nilai dari variable tersebut didalam file php.ini yang terletak di dalam folder php. dan cara tersebut memang benar, namun dari cara tersebut masih kurang efektif. Maksudnya dari kurang efektif ialah dimana ketika kalian sudah merubah file maksimal upload size file tersebut di webserver kalian, tentunya apabila project website kalian dijalankan di webserver lain, kalian perlu melakukan perubahan lagi pada variable tersebut.

Namun pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara merubah maksimal upload size file tersebut melalui file .htaccess, sehingga meskipun website yang teman-teman buat nantinya sering berpindah-pindah server tidak masalah dan tidak perlu merubah maksimal upload size file di dalam file php.ini, karena cukup merepotkan. Sehingga statement validasi maksimal upload yang kalian buat di website kalian akan berjalan lancar. Untuk merubahnya, kalian bisa ikuti tahapan yang saya berikan dibawah ini.

Berikut Tahapannya :

  1. Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama .htaccess didalam root folder project website kalian dan sejajar dengan file index.php
  2. Selanjutnya ketikan kode berikut ini di daam file tersebut :

Note : untuk nilai 10000M bisa kalian tentukan sesuai dengan kebutuhan

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara merubah maksimal upload file php dengan .htaccess , semoga bermanfaat.