Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara merubah memory limit di web server apache XAMPP. Perlu teman-teman ketahui, Memory limit adalah Alokasi memory server (RAM) untuk menghandle service Apache pada sebuah server yang mempengaruhi kecepatan loading website. Terkadang pada saat teman-teman dalam melakukan pengembangan, menemukan bahwa website teman-teman menggunakan lebih banyak memori dari pada yang di harapkan. Supaya semuanya berjalan dengan lancar, PHP secara default memiliki fitur memory limits untuk menghindari system yang di gunakan berjalan melebihi memori yang diharapkan sehingga bisa menyebabkan crash atau gagal nya proses tersebut.

Di PHP, teman-teman sangat mudah untuk menggunakan berapa banyak RAM yang akan di alokasikan dengan menggunakan single script. Selain itu teman-teman dapat membuat PHP menggunakan memory limit tidak terbatas atau menmggunakan semua kapasitas RAM yang tersedia.

Seperti contoh kasus yang pernah saya alami, saya mempunyai website yang di bangun dengan CMS seperti WordPress atau Joomla di localhost dengan menggunakan web server apache XAMPP. Ketika saya mau melakukan penambahan atau instalasi kebutuhan seperti Plugin, Module, Theme, Component, dll. yang ukuran nya lebih besar dari batas default yang di bolehkan pada server tersebut, maka akan menampilkan pesan error, crash, dll.

Untuk menangani p[ermasalahan tersebut, teman-teman dapat merubah default memory limit sesuai dengan keinginan teman-teman, sehingga ketika teman-teman melakukan upload yang ukuran nya cukup besar akan berjalan lancar.

Berikut Tahapannya :

  • Saya asumsikan teman-teman menggunakan Web Server apache XAMPP.
  • Teman-teman buka xampp-control-panel, seperti gambar di bawah ini :

cara merubah memory limit di web server apache xampp

  • Klik tombol Config pada apache, dan pilih php.ini, seperti gambar tersebut.
  • Cari baris line yang terkait dengan code berikut:

Note: Secara default di apache XAMPP untuk upload_max_filesize di beri nilai sebesar 2M
  • Rubah dan sesuaikan dengan keinginan teman-teman, semakin besar semakin bagus.
  • Masih di file yang sama, jika sudah cari lagi baris kode seperti berikut:

Note: Secara default di apache XAMPP untuk post_max_size di beri nilai sebesar 8M
  • Rubah dan sesuaikan dengan keinginan teman-teman.
  • Jika sudah Save file tersebut, dan restart apache control-panel nya dengan menekan tombol Stop pada apache dan klik lagi tombol Start.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai cara merubah memory limit di web server apache XAMPP, Semoga Bermanfaat.