Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara merubah ukuran gambar pada saat upload di PHP. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, Jika profesi teman-teman sebagai web developper tentunya sangat tahu seperti apa karakter user pengguna website yang teman-teman anggap awam. Pada saat update kontent website yang teman-teman buat tentunya mereka tidak tahu menahu jika teman-teman harus memaksakan dengan ukuran sekian gambar tersebut di upload. Dan tidak mungkin jika teman-teman menerapkan aturan khusus di luar dari fungsi website tersebut untuk mengharuskan upload gambar berukuran Width=600px, Height=300px. Karena bagi user yang awam, untuk memenuhi peraturan tersebut cukup sulit, apalagi jika user diharuskan merubah dari gambar asli ke ukuran yang teman-teman perbolehkan. Jika memang teman-teman ingin menerapkan aturan khusus upload gambar dengan ukuran yang sudah ditentukan, sebenarnya sah-sah saja, asalkan peraturan tersebut di terapkan pada fungsi system yang teman-teman buat. Maksud dari saya dimana aturan tersebut teman-teman buat di dalam kode program website tersebut, seperti pada kasus ini, teman-teman bisa menerapkan kode ubah ukuran gambar pada saat di upload oleh user.

Berikut Cara Membuatnya :

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah file dengan nama upload.php, dan buat kode function seperti berikut

  • Jika sudah teman-teman buat lagi satu buah file dengan nama index.php, sejajar dengan file yang sebelumnya dibuat, dan buat kode form html nya seperti berikut :

  • Jika sudah teman-teman buat satu buah folder dengan nama image yang sejajar dengan kedua file tersebut, dan sebelumnya save terlebih dahulu kedua file tersebut dan lakukan uji coba di browser teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara merubah ukuran gambar pada saat upload di PHP, semoga bermanfaat.