Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang PHP yaitu bagaimana Cara Multiple Submit Dalam Satu Form , kasus ini saya angkat dari beberapa murid di dumetschool yang kebingungan gimana caranya kita melakukan dua submit dengan tujuan yang berbeda di dalam satu form.

Baiklah saya akan langsung mencontohkanya saja dengan sebuah kasus, kita memiliki satu fom submit dimana terdapat 2 button, button yang pertama adalah save data dan button yang ke dua adalah update data.

Isi dari form nya :

Lalu kita buat kondisinya :

 

Saya jelaskan dari beberapa logika dan baris kode di atas, jaadi jika kita ingin melakukan¬†Cara Multiple Submit Dalam Satu Form kita bisa memanfaatkan name untuk di bedakan mana tombol yang di tekan, lalu oleh if(isset($_POST[”])) akan di cek jika name save maka doing something lalu jika yang di tekan adalah name update maka doing something.

Di sini kita memanfaatkan method atau function untuk logika jika ingin di pisah, oke itu sja untuk artikel kali ini saya akan kembali lagi pada artiekl dan tutorial selanjutnya. Terimaksih.