Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang  Cara Penanganan Error dalam Codeigniter. Sering kali, saat menggunakan aplikasi, kita mengalami kesalahan. Hal ini sangat menyebalkan banget, apalagi kalau  jika kesalahannya tidak ditangani dengan baik. Untuk itu CodeIgniter menyediakan mekanisme penanganan error yang mudah. Teman – teman bisa menampilkan pesan error, saat aplikasi dalam mode pengembangan bukan dalam mode produksi karena pesan kesalahan dapat dipecahkan dengan mudah pada tahap pengembangan.

Dengan cara merubah file index.php. Hal ini dapat diatur untuk apa saja tapi biasanya ada tiga nilai (pengembangan, uji, produksi) yang digunakan untuk tujuan ini. berikut file yang dapat di ubah pada file index.php.

Secara default, mode pengembangan akan menampilkan error dan testing dan live mode akan menyembunyikannya. CodeIgniter menyediakan tiga fungsi seperti yang ditunjukkan di bawah ini untuk menangani kesalahan.

  1. show_error () menampilkan kesalahan dalam format HTML di bagian atas layar.
  2. show_404 () menampilkan kesalahan jika Anda mencoba mengakses halaman yang tidak ada.
  3. fungsi log_message () digunakan untuk menulis pesan log. Ini berguna bila Anda ingin menulis pesan khusus.

Logging dapat diaktifkan pada file aplikasi / config / config.php. Di bawah ini adalah contoh dari file config.php, dimana anda bisa mengatur nilai threshold.

Anda bisa menemukan pesan log di aplikasi / log /. Pastikan direktori ini dapat ditulis sebelum Anda mengaktifkan file log.
Berbagai template untuk pesan kesalahan dapat ditemukan di aplikasi / views / errors / cli atau aplikasi / views / errors / html.

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Penanganan Error dalam Codeigniter, Semoga dapat bermanfaat.