python merupakan sebuah bahasa pemrograman yang di ciptakan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Python juga merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mendukung berbagai algoritma seperti functional, object orientasi, imperative, dan procedural. Bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman interpreter atau bahasa pemrograman yang tidak memerlukan komplikasi program, pada saat sekarang ini bahasa pemrograman python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang yang terus berkembang dan tetap bertahan dikarenakan banyaknya dukungan-dukungan komunitas yang aktif di seluruh dunia. namun pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Penggunaan __main__ Pada Pemprograman Python

__main__ digunakan ketika kita berkerja dengan menggunakan modul-modul, dan di dalam module tersebut terdapat sebuah fungsi-fungsi yang dapat kita gunakan.  Cara Penggunaan __main__ Pada Pemprograman Python yaitu seperti dibawah ini :

  1. Langkah pertama kita akan membuat sebuah file dengan nama py pada file tersebut kita akan masukan sebuah fungsi-fungsi yang akan kita gunakan seperti dibawah ini :

  1. Langkah selanjutnya kita akan membuat sebuah file nama py kita akan panggil fungsi-fungsi yang terdapat pada file penjumlahan.py untuk mamanggil fungsi tersebut kita menggunakan import seperti dibawah ini :

Jika fungsi tersebut kita jalankan pada folder main.py maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

Selanjutnya pada python terdapat sebuah fungsi dengan nama __name__ jika kita jalankan pada penjumlahan.py maka akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini :

kemudian jika kita run pada file main.py maka hasilnya adalah nama file yang terdapat __name__ seperti dibawah ini :

Begitu juga dengan sebaliknya, nah fungsi dari __name__ yaitu akan mendeteksi file utama, jika __name__ kita run pada file utama, maka hasilnya yaitu __main__, namun jika kita buat sebuah fungsi dengan nama main(): pada penjumlahan.py seperti dibawah ini :

Pada saat kita run fungsi-fungsi yang lainya tidak akan di jalankan.

Oke teman-teman itulah pembahasan kita tentang Cara Penggunaan __main__ Pada Pemprograman Python.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih.