Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang Cara Penggunaan Operator Ternary Pada PHP . Ternary operator merupakan sebuah operator yang hanya memiliki 3 expession, dan operator ternary juga digunakan sebagai operator pembanding, operator ternary merupakan operator bawaan bahasa c namun kita juga dapat menggunakan pada PHP versi 5.3.

Kelebihan dari operator ternary pada PHP yaitu :

  1. Dapat menghemat waktu dalam melakukan coding , karena tidak perlu menuliskan keyword if dan else,
  2. Code yang kita buat juga lebih rapi, sehingga code menjadi lebih mudah dibaca, karena code yang kita tuliskan inline (satu baris),
  3. Dan code yang kita buat pada saat melakukan perbandingan lebih singkat, dan lebih mudah digabungkan dengan menggunakan string.

Cara penulisan dari operator ternary yaitu :

Maksudnya yaitu jika ekspresi1 bernilai TRUE maka nilai yang dihasilkan adalah ekspresi2, dan sebaliknya jika ekspresi1 bernilai FALSE, maka nilai yang dihasilkan adalah ekspresi3. Pada ekspresi1, ekspresi2 dan ekspresi3 nilai atau valuenya bisa berisi apa, termasuk sebuah fungsi.

Nah berikut dibawah ini kita akan membuat sebuah format umum yang biasa kita pakai yaitu if dan else dan bentuk umumnya seperti dibawah ini.

Nah biar teman-teman lebih paham kita akan membuat sebuah contoh sederhana seperti dibawah ini :

Namun jika kita menuliskan nya dengan menggunakan struktur if else yaitu seperti dibawah ini :

Dan cara lain dari penulisan ternary operator, yaitu kita juga bisa menghilangkan value atau nilai yang kedua seperti contoh dibawah ini :

Maksudnya yaitu jika ekspresi1 bernilai TRUE maka nilai atau value yang akan dihasilkan adalah ekspresi1, dan jika sebaliknya jika nilai dari eksprisi1 bernilai FALSE maka nilai yang akan dihasilkan adalah ekspresi3. Jika kita tuliskan dalam bentuk umumnya dengan menggunakan if dan else yaitu seperti dibawah ini :

Contoh ternary seperti dibawah ini.

Oke teman-teman sekian dulu pembahasan kita kali ini tentang Cara Penggunaan Operator Ternary Pada PHP.

Semoga Bermanfaat.

Terimakasih.