Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara redirect domain non-www ke www. Perlu teman-teman ketahui sebelumnya, setiap domain yang teman-teman ketahui sesungguhnya bisa menggunakan www atau non-www pada saat diakses dari browser dan di respond oleh web server. Akan tetapi terkadang membuat teman-teman bingung untuk perbedaan dari keduanya. Sebenarnya, dari penggunaan tersebut baik itu dengan www ataupun tanpa www tidak berpengaruh apapun, selagipun tidak menggunakan www, maka website teman-teman tetap masih bisa berjalan normal dan banyak yang berpendapat untuk penggunaan tersebut hanyalah opsional saja, dari penggunaannya kembali lagi ke diri masing-masing, lebih suka menggunakan www atau non-www.

Namun ketika teman-teman membeli suatu domain, biasanya akan dihadapkan pilihan untuk menggunakan www atau non-www pada domain website teman-teman nantinya. Seperti yang teman-teman ketahui, kadang kala teman-teman menemukan website-website besar yang menggunakan www atau non-www seperti www.facebook.com dan twitter.com.

Dari keduanya jelas terlihat berbeda, domain tanpa www biasanya sering disebut dengan Naked Domain, namun dari perbedaan keduanya tidak berpengaruh apapun dari segi tampilan atau lainnya. dengan menggunakan www ataupun tanpa www, website yang teman-teman miliki akan tetap bisa diakses sesuai dengan tampilannya dan tidak berpengaruh apapun.

Bahkan dari segi SEO pun tidak berpengaruh jika dilihat dari informasi resmi google yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan apapun dalam hal SEO bagi mesin pencari seperti google. Bahkan google secara terang-terangan menyatakan hal tersebut adalah tergantung dengan selera atau preferensi penggunanya, jadi jika teman-teman menggunakan www ataupun non-www sebenarnya sama saja dan tidak berpengaruh apapun di mata google.

Untuk menentukan penggunaan tersebut, teman-teman bisa tentukan melalui cpanel hosting atau bisa juga melalui file .htaccess yang ada di hosting teman-teman. Namun pada contoh penjelasan yang saya berikan disini menggunakan file .htaccess.

Berikut Caranya :

  • Teman-teman login terlebih dahulu ke cpanel, jika sudah buka file manager website teman-teman dan masuk ke directory public_html.
  • Disini saya sumsikan bahwa saja teman-teman sudah memiliki file .htaccess didalam folder root website teman-teman, jika belum maka teman-teman buat terlebih dahulu, dan ketikan perintah seperti di bawah ini :

  • Jika sudah teman-teman save file .htaccess tersebut terlebih dahulu, dan bisa teman-teman uji hasilnya di url browser dengan mengetikan domain.com, dan sebaliknya jika teman-teman ketikan www.domain.com maka secara otomatis akan di redirect ke non-www.

Sampai disini penjelasan saya mengenai cara redirect domain non-www ke www, semoga bermanfaat.