Halo teman – teman, selamat datang di website Dumet School. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Cara Report Data Laporan Dengan Query MySQL pada pertemuan kali ini kita tidak akan membahas pada pembuatan laporan dengan menggunakan pdf atau semacamnya. Tetapi kita akan belajar bahasa query sql yang ada pada mysql, ini adalah hal paling penting untuk pengolahan data terutama dalam pembuatan laporan bulanan, tahunan, ataupun harian. Untuk teman – teman yang saat ini lagi bingung yang mendapat tugas kampus atau tugas dari atasan yang memberikan kalian tugas menambahkan suatur fitur yaitu report laporan pada aplikasi berbasis website nya. Pada latihan kali ini kita akan menambil data berdasarkan tanggal dan mengambil data berdasarkan harga.

Langsung saja kita implementasikan Cara Report Data Laporan Dengan Query MySQL. Untuk teman – teman siapkan terlebih dahulu database nya, saya sudah memiliki data. Teman – teman bisa lihat pada gambar di  bawah ini

Cara Report Data Laporan Dengan Query MySQL

Teman – teman bisa disamakan dengan database di atas ini atau mungkin bisa membuatnya sendiri yang berbeda tetapi berikan  satu kolom untuk tanggal. Oke dengan data di atas ini saya akan membuat laporan berdasarkan tanggal yaitu mulai dari bulan juli sampai agustus, maka untuk penulisan sql nya seperti di bawah ini

SELECT * FROM data_customer WHERE date BETWEEN ‘2017-07-01’ AND ‘2017-08-31’;

Maka data akan di eksekusi dan di tampilkan dari bulan juli sampai bulan agustus

Cara Report Data Laporan Dengan Query MySQL

Baru nanti di tampilkan pada halaman pdf di aplikasi nya dan di cetak, ini semua di jalankan oleh fungsi BETWEEN yang berfungsi untuk menseleksi data berdasarkan data awal sampai data akhir. Mengapa ini saya bahas..?? Karena banyak sekali teman – teman yang bingung cara report data di mysql, semoga dengan adanya artikel kali ini dapat membantu teman – teman untuk pembuatan laporan berdasarkan bulan, hari, tahun. Dan kita ambil index nya dari date (tanggal) yang memiliki status terbit datanya lalu dapat kita ambil sebagai awal dan batas data. Setiap pada pembuatan laporan menggunakan mysql kurang lebih penggunaannya seperti ini, tinggal nanti teman – teman tampilkan pada laporannya.

Oke mungkin sekian pada artikel kali ini tentang Cara Report Data Laporan Dengan Query MySQL kita berjumpa kembali pada tips dan trik yang akan datang. Semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.

Jika teman – teman masih bingung silahkan post komentar di bawah ini 🙂