Hallo sobat program, bertemu lagi dengan saya Rizal dan masih diwebsite dumetschool ini. pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP. Jika teman-teman sering menjelajah google pasti banyak tutorial yang membahas tentang ini. namun disini saya membuatnya lebih sederhana lagi dan mudah2an lebih mudah untuk dipahami oleh teman-teman.

Oke penjelasan singkat dari Object Oriented Programming (OOP) merupakan sebuah metode atau konsep penulisan kode yang berorientasi object. Tujuannya untuk mempermudah developer dalam membangun atau mengembangkan program.

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Tanpa panjang lebar lagi mari kita mulai saja untuk mencoba menggunakan metode OOP ini dalam menampilkan data dari database MySQL. Oke langkah pertama teman-teman buat folder dengan nama belajar didalam htdocs lalu buat 2 buah file dengan nama index.php dan Controller.php jika sudah maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh gambar dibawah ini :

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Jika sudah, langkah selanjutnya teman-teman buka file index.php nya lalu masukan/ketik kode HTMLnya dan CSSnya seperti pada contoh dibawah ini :

Oke, jika teman-teman simpan dan jalankan di localhost/namafolder/index.php maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Kita sudah membuat tampilan dasarnya seperti pada contoh diatas, langkah berikutnya teman-teman buka file Controller.php nya lalu ketikan kode PHP OOP nya seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Pada kode diatas saya membuat sebuah class Controller dengan 2 property dan method, dan Silahkan teman-teman sesuaikan databasenya. Oke lanjut kelangkah berikutnya teman-teman buka kembali file index.php lalu ketikan kode PHP OOP berikut ini dipaling atas :

Oke jika sudah, langkah terakhir kita akan looping datanya, teman-teman bisa ikuti kode nya seperti pada contoh dibawah ini :

Jika sudah semua, silahkan teman-teman jalankan/run dibrowser dengan mengetik pada url localhost/namafolder/namafile sesuaikan dengan punya teman-teman. Oke jika sesuai maka hasilnya akan menjadi seperti pada contoh dibawah ini :

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Jadi seperti itulah contoh tentang Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP. Semoga dapat sangat bermanfaat buat teman-teman dan untuk databasenya jika ingin sama dengan punya saya bisa dilihat seperti dibawah ini :

Cara Sederhana Menampilkan Data dengan PHP OOP

Oke terimakasih sampai bertemu dipembahasan selanjutnya. J