Hallo sahabat dumenity berjumpa lagi dalam tutorial dumetschool  dalam tutorial kali ini saya akan membahas tentang Cara Tepat Memakai Static Method dan Property. Pada kasus tertentu, ketika kita ingin memebuat property dan method pada suatu kelas yang bisa diakses tanpa terlebih dahulu membuat instance dari object tersebut kita dapat membuat propertydan method semacam itu dengan mendefinisikannya sebagai static property dan static method

Yang perlu dicatat, penggunaan static property dan static method kurang dianjurkan. Sehingga penggunaannya terbatas untuk kasus – kasus tertentu saja. Untuk membuat static property dan static method, kita memakai keyword static sebelum nama property dan method. Keyword static setelah access modifier.

 

Meskipun static memudahkan kita untuk mengakses property dan method tanpa harus membuat instance dari object, tapi pengunaannya harus diperhitungkan dengan matang. terutama jika static method dan static property bersifat public.
static memiliki kelemahan berikut ini:

  • Static property dan static method bersifat global, sehingga bisa diakses dari mana saja. Ini adalah sesuatu yang harus dihindari.OOP lahir salah satunya untuk mengisolasi implementasi suatu kode agar tertutup dari global scope. Jadi menggunakan static itu ibarat tidak menggunakan OOP sama sekali.
  • Class yang menggunakan static method akan sulit untuk dilakukan testing.

Penggunaanya static yang masih dimaklumi adalah untuk keperluan counter dan untuk utility class.

seperti di bawah ini contoh Static untuk counter:

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Cara Tepat Memakai Static Method dan Property, semoga bermanfaat.