Hai semuanya kembali lagi di artikel dumetschool, nah untuk kali ini saya kembali dengan materi tentang framework laravel dimana sekarang kita akan membahas yaitu Cara Upload Banyak Data Sekaligus Dengan Format File CSV Di Laravel.



Jika anda membuat website dengan sekala data yang cukup besar penggunaan fitur ini menjadi sangat membantu sekali karena kita tak perlu upload atau insert satu persatu data ke database yang mana akan membuat waktu tenaga yang di butuhkan sangat banyak apa lagi jika di minta untuk upload data dengan deadline tertentu.

Pertama-tama silahkan instal mattwebsite dengan menjalanklan perintah berikut di terminal, dan pastikan terminalnya mengarah ke folder project anda :

 

Step: 2
Silahkah add sintak berikut ke dalam file config/app.php :

Step: 3
Jangan lupa masih di file yang sama config/app.php di bagian aliass sematkan kode berikut :

 

Step: 4
Di sini saya akan memberikan contoh fucntion yang saya gunakan untuk Cara Upload Banyak Data Sekaligus Dengan Format File CSV Di Laravel, berikut adalah contoh functionya :

MOHON DENGAN SANGAT UNTUK DI PERHATIKAN, silahkan di sesuaikan dengan table atapun kolom anda sendiri silahkan copas tetapi di modif sesuai dengan table anda. Code di atas adalah contoh dari program yang sedang saya buat.

Baiklah sampai di sini dahulu untuk artikel tentang Cara Upload Banyak Data Sekaligus Dengan Format File CSV Di Laravel, sampai bertemu pada artikel selanjutnya.