Saya akan menshare secara bertahap bagaimana Cara Upload Project Ke Repository Git Bitbucket , dimana anda juga harus segera menyadarinya betapa pentingnya menaruh projrct kita di cloud karena jika hanya di simpan di local tidak akan cukup dan sangat menyusahkan.

MENGAPA BITBUCKET ?
Untuk cara menyimpan project di github dan bitbucket sama saja, hanya saya pribadi lebih menyukai bitbucket karena fitur private repository secara gratis. Di artikel ini saya akan coba step by step dengan menggunakan repository bitbucket, dan cara ini juga sama bila anda ingin menggunakan github.

Oke langsung saja , saya harap anda sudah memiliki akun di bitbucket

1. Download git bash
2.  Upload with PUSH
Sekarang anda bisa langsung upload project anda ke bitbucket, untuk pertama-tama anda harus masuk terlebih dahulu ke terminal lalau ke direktori project anda, bisa dengan klik kanan di project anda lalu buka dengan git bash seperti ini :

Untuk selanjutnya silahkan tambahkan perintah

Fungsi dari git init ini adalah untuk menginisialisai project anda untuk pertama kalinya,   Setelah itu di halaman repository bitbucket anda, copy link repository anda, lalu di terminal tambahkan perintah git remote add origin alamat_repository

di terminalnya jadi seperti ini :

Ini berfungsi untuk meremote repository anda dari jarak jauh melalui ssh .

Kemudian tambahkan perintah :

yang berfungsi menambahkan semua source code yang ada pada repository, lalu tambahkan perintah git :

initial commit disini hanya merupakan komentar dan dapat anda ubah misalkan menjadi commit -m “Push Pertama” .

Setelah itu perintah terakhir adalah :

lalu inputkan password bitbucket anda.

Setelah semuanya terupload, maka jangan lupa untuk mengecek di repository bitbucket anda dengan cara refresh halamanya, apakah project anda sudah terupload atau belum.

BAiklah sekian dari saya untuk artiekel Cara Upload Project Ke Repository Git Bitbucket, sampai bertemu pada artikel selanjutnya