Halo Dumenity, selamat datang kembali di website tips dan trik Dumet School. Berjumpa kembali dengan saya pada pembahasan tips dan trik seputar dunia website, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Dua Cara Penulisan Array PHP. Cocok sekali untuk teman – teman yang saat ini sedang belajar php dasar

Berbicara tentang array pada php tentu sangat berkaitan dengan data, di dalam array kita dapat menaruh data sebanyak yang kita mau. Namun berbicara data tentu bukan hanya menggunakan array saja, seperti yang kita tahu php sangat familiar dengan database mysql. Dan dari hasil database jika kita tampilkan pada output juga akan berbentuk array, maka dari itu artikel Dua Cara Penulisan Array PHP ini sangat cocok sekali untuk pengantar bahan ajaran php nya. Terutama teman – teman yang masih aktif di kampus buat menimpa ilmu 🙂

Baik langsung saja kita buat file array.php di dalam folder htdocs nya, dan ketikkan script seperti gambar di bawah ini

Dua Cara Penulisan Array PHP

Pada gambar di atas ini saya membuat sebuah data di dalam array sebanyak 5 data nama, untuk penulisannya diawali dengan kata array dan di ikuti di belakang nya buka dan tutup kurung () – array().

Kemudian jika kita print_r() dan tampilkan pada browser nya

Dua Cara Penulisan Array PHP

Dua Cara Penulisan Array PHP

Output yang di hasilkan adalah data nama yang sudah kita buat, dan diberikan nomor di oleh array tepat di depan setiap data namanya yang ada di dalam kurung kotak. Dan pada urutan array diawali dari angka nol (0), jika saya ingin menampilkan nama “Eno” maka tinggal saya cetak pada urutan nol.

Dua Cara Penulisan Array PHP

Dua Cara Penulisan Array PHP

Untuk menampilkan teman – teman tinggal cetak dengan echo nama variable ($data_nama) dan diikuti kurung kotak didalam nya diisi nomor sesuai data yang mau kita ingin tampilkan.

Itulah cara pertama untuk penulisan array yang pertama, kemudian cara untuk menuliskan array kedua sangat mudah sekali teman – teman tinggal hilangkan kata array dan ganti buka dan tutup kurung nya menjadi buka kurung kotak.

Dua Cara Penulisan Array PHP

Jika teman – teman refresh pada browsernya maka hasilnya akan sama, nah itulah tips Dua Cara Penulisan Array PHP kita jumpa kembali pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa.