Sebelum kita mengetahui fungsi dari array_chunk() ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu array. Array adalah struktur data yang berisi sekelompok elemen. Biasanya elemen ini mempunyai tipe data yang sama, seperti integer atau string. Array umumnya digunakan dalam program komputer untuk mengatur data sehingga satu set nilai-nilai yang terkait dapat dengan mudah diurutkan atau dicari. Banyak fungsi-fungsi array di php namun saya akan mencoba membahas fungsi dari salah satu array yaitu Fungsi Array Chunk pada PHP.

Fungsi Array Chunk pada PHP adalah untuk membagi array ke dalam beberapa bagian atau potongan array itu sendiri. sehingga memudahkan kita untuk mengelompokan suatu data yang akan kita tampilkan. Sebelum saya memberi contoh ada baiknya teman-teman tahu cara penulisan atau sintaksis dari array_chunk itu sendiri, berikut sintaksis atau penulisannya:

Sintaksis: array_chunk(array,size,preserve_key)

adapun array dan size yang berada di dalam array_chuks itu harus selalu di isi sedangkan untuk preserve_key bersifat opsional. Ok, kita langsung saja ke contoh yah teman-teman, Berikut contoh penggunaan dari array_chunks:

keluaran dari kode php di atas:

Array ([0] => Array ( [Bartho] => 25 [Andi] => 29 ) [1] => Array ( [Gilang] => 26 [Harry] => 25 ))

penjelasan:
– variabel $umur berfungsi untuk menampung array yang kita buat.
– array_chunks berfungsi unutk mengelompokan arraynya sehinga pada output akan tampil sesuai dengan size yang kita masukan pada array_chunk yaitu 2 maka dari itu key dan value pada array akan di bagi menjadi dua bagian dimana nilai [0] berisi 2 key dan value dan begitu juga nilai [1].

Kesimpulan bahwa array_chunk dapat membagi dan menyderhanakan array menjadi beberapa bagian dengan mengatur size yang ad pada array_chunk. Apabila teman-teman ingin mengelompokan suata data di misalkan data mahasiswa maka teman-teman bisa menggunakan array_chunk untuk mengelompokannya menjadi beebrapa bagian.

Bagaimana teman-teman cukup mudahkan membagi array menjadi beberapa bagian? Semoga penjelasan tentang Fungsi Array Chunk pada PHP bermanfaat bagi teman-teman yang ingin belajar program. Demikian artikel kali ini, selamat mencoba.