Pada dunia matematika dikenal dengan istilah angka desimal seperti angka 1,2,10 dst. Ada juga angka pecahan seperti ini 0.5,1.5, 2.3 dst. Tentu pada angka-angka yang sudah disebutkan tadi memiliki aturan dalam pengolahan angka tersebut. Seperti cara perhitungan dengan tambah, kurang, bagi , kali dan lain-lain. Lalu bagaimana caranya apabila kalian ingin menerapkan perhitungan angka-angka tersebut kedalam bahasa pemrograman website ?. Caranya sangatlah mudah, karena bahasa pemrograman website salah satunya adalah PHP sudah menyediakan beberapa fungsi aritmatika yang dapat kalian gunakan untuk perhitungan dasar. Salah satu contoh kasus yang akan kita bahasa adalah tentang pembulatan.

Pembulatan pada matematika bisa kita terapkan di PHP, karena PHP itu sendiri sudah menyediakan fungsi yang dapat menjalankan tugas seperti membulatkan angka. Nama fungsinya adalah Ceil. Ceil ini bertugas untuk membulatkan angka ke nilai yang teratas. Fungsi Ceil pada PHP bisa menjadi alat bantu kalian dalam menyelesaikan pembulatan, lalu bagai mana cara pengaplikasianya di website. Kalian bisa ikuti beberapa contoh kasus yang akan kita praktekkan dengan PHP. Ikuti contoh code dibawah ini terlebih dahulu. Buatlah satu file php untuk proses penginputan angka.

angka.php

Simpan file tersebut pada folder htdocs kalian, kemudian coba lihat hasilnya dengan mengetikan localhost/nama_folder/nama_file. Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.

Coba kalian ketikan angka pecahan. Pada contoh kali ini saya mengetikan angka ini.

Lalu hasilnya seperti ini.

Hasilnya menjadi 2 karena pembulatanya angkan mendekati angka yang teratas walaupun sebenarnya nilai dibelakang koma lebih dekat ke angka yang nilai terbawah.

Pembulatan ini juga berlaku untuk nilai negatif seperti contoh berikut ini.

Hasilnya tetap berubah menjadi nilai teratas. Walau nilainya negatif, tetap pembulatanya nilai teratas yang dalam hal ini -1,9 nilai teratasnya adalah -1. Jangan terbalik yah.

Dan yang perlu diingat adalah menuliskan titik sebagai tanda pengganti koma. Jika tidak maka fungsi pembulatan tidak berjalan sesuai rumus. Mudah bukan ?

Oke sekian pembahasan mengenai fungsi ceil pada PHP. Semoga bermanfaat.