Pada tutorial kali ini anda akan belajar tentang apa fungsi keyword $this dan self pada php object oriented programming  dan bagaimana cara menggunakannya .

Hallo semuanya, kali ini saya akan kembali membahas tentang Object oriented programming karena masih banyak yang bisa di bahas untuk topik yang sangat penting ini. nah kali ini membahas tentang fungsi keyword $this dan self pada php object oriented programming 

Keyword $this dalam OOP adalah sebuah variabel yang merujuk pada object yang diinstansiasi. Maksudnya keyword $this ini nantinya akan diganti dengan variabel apapun tergantung dari variabel object yang diinstansiasi.

 

berikut adalah contoh penggunaannya :

 

Pada contoh di atas kita telah membuat class yang bernama Mobil maka saat itu $this akan di ganti dengan variable $sedan setelah di instansiasi dan jika kita membuat object lagi yang lain maka akan di gantii dengan variable yang lain seperti contohnya $truk.

 

Perlu Anda ketahui bahwa antara $sedan dan $truk itu adalah duaobject yang berbeda sehingga ketika memanggil $sedan->setJumlahRoda(4) dan $truk->setJumlahRoda(9) maka nilai $jumlahRoda pada $sedan tidak akan ditimpa oleh nilai $jumlahRoda pada $truk.

 

Tidak jauh berbeda dengan keyword $this, keyword self pun memiliki karakteristik yang sama. Yang membedakan dengan keyword $this adalah bahwa keyword self digunakan hanya untuk memanggil property atau method yang bersifat static. Contoh yang property yang bersifat static adalah constanta. Sehingga ketika kita manggil constanta didalam class maka kita memanggilnya dengan self::NAMA_CONSTANTA

 

oke demikianlah penjelasan tentang fungsi keyword $this dan self pada php object oriented programming. Semoga bisa memberi pencerahan tentang keyword $this pada PHP OOP dan semoga bermanfaat.