Halo teman-teman, kali ini kita akan belajar mengenai fungsi offset pada PHP dan Mysql. Fungsi offset adalah suatu perintah yang ada pada script mysql, dan biasanya fungsi offset ada apabila kalian menggunakan fungsi select.  Jadi gunanya offset adalah untuk menentukan urutan data yang ingin ditampilkan. Misalnya kalian mempunyai table nama murid. Isi dari table tersebut sebanyak 100 data kemudian kalian ingin menampilkan sebanyak 10 data saja. Namun data yang ingin ditampilkan bukan dari data 1 ke 10, melainkan data ke 20 sampai ke 30. Maka kalian bisa menggunakan offset pada script mysql kalian. Agar tidak bingung kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini. Pertama tentunya kalian harus mempunyai data didatabase, kalian bisa buat sesuka kalian, namun pada contoh kali ini menggunakan datanya seperti dibawah ini.

Lalu buat 2 file php untuk config dan fungsi offset yang nanti kita akan coba.

config.php

offset.php

Simpan pada folder htdocs kalian dan lihat hasilnya lewat browser dengan mengetikan localhost/nama folder tempat menyimpan file kalian tadi. Jika berhasil maka akan seperti ini.

Data yang muncul adalah 3 dan dimulai dari id ke-3. Karena kita menggunakan fungsi offset 2 yang berarti data yg akan ditampilkan mulai dari urutan setelah 2, yaitu 3. Untuk menggunakan fungsi offset ini kalian harus menyertakan juga fungsi limit.

Mudah bukan ?.

Oke sekian pembahasan mengenai fungsi offset pada PHP dan Mysql. Semoga bermanfaat.