Hallo sahabat Dumenity berjumpa lagi dalam tutorial kursuswebprogramming, pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang Fungsi Page Redirection dalam Codeigniter. Codeigniter adalah sebuah framework yang mudah dipelajari dari sebuah framework ini kita mampu membuat sebuah aplikasi web yang dinamis, user friendly serta keamanan yang bagus. Ketika kita membangun aplikasi web, kita sering perlu mengarahkan pengguna atau user dari satu halaman ke halaman lain. CodeIgniter membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah bagi kita. Fungsi redirect () digunakan untuk tujuan seperti di bawah ini.

  • Syntax. redirect($uri = ”, $method = ‘auto’, $code = NULL)
  • Parameters.    
  1. $ uri (string) – string URI
  2. $ method (string) – Metode pengalihan (‘auto’, ‘location’ atau ‘refresh’)
  3. $ code (string) – HTTP Response code (biasanya 302 atau 303)
  • Return type. kosong/ pengembalian

Oke saya akan jelaskan dari ketiga fungsi di atas. Argumen pertama bisa memiliki dua jenis URI. Kita bisa melewati segmen URL situs atau URI penuh ke controller yang ingin Anda arahkan. Parameter opsional kedua dapat memiliki salah satu dari tiga nilai dari auto, lokasi atau refresh. Defaultnya adalah auto. Parameter opsional ketiga hanya tersedia dengan pengalihan lokasi dan ini memungkinkan Anda mengirim kode respons HTTP tertentu.

Contoh
Buat controller bernama Redirect_controller.php dan simpan di application / controller / Redirect_controller.php

Ubah file routes.php di application / config / routes.php untuk menambahkan route ke controller di atas dan tambahkan baris berikut di akhir file.

Ketik URL berikut di browser, untuk menjalankan contoh.

URL di atas akan mengarahkan Anda ke situs web facebook.com dan jika Anda mengunjungi URL berikut, URL akan mengarahkan Anda kembali ke tutorial grafis komputer di tutorialgrafis.com.

Oke itulah tadi pembahasan saya tentang Fungsi Page Redirection dalam Codeigniter, semoga bermanfaat.