Pointer di Go mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. Beberapa tugas pemrograman Go dilakukan lebih mudah dengan pointer, dan tugas lain, seperti panggilan dengan referensi, tidak dapat dilakukan tanpa menggunakan pointer. Jadi penting untuk mempelajari pointers untuk menjadi programmer Go yang sempurna.

Seperti yang Anda ketahui, setiap variabel adalah lokasi memori dan setiap lokasi memori memiliki alamatnya yang ditentukan yang dapat diakses menggunakan operator ampersand (&), yang menunjukkan alamat dalam memori. Pertimbangkan contoh berikut, yang akan mencetak alamat dari variabel yang ditentukan –

Ketika kode di atas dikompilasi dan dieksekusi, ia menghasilkan hasil sebagai berikut –

Jadi Anda mengerti apa itu alamat memori dan bagaimana mengaksesnya. Sekarang mari kita lihat apa itu pointers.

Apa itu Pointer?

Pointer adalah variabel yang nilainya adalah alamat variabel lain, mis., Alamat langsung dari lokasi memori. Seperti variabel atau konstanta apa pun, Anda harus mendeklarasikan pointer sebelum Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan alamat variabel apa pun. Bentuk umum dari deklarasi variabel pointer adalah –

Di sini, tipe adalah tipe dasar pointer; itu harus tipe data C yang valid dan var-name adalah nama variabel pointer. Tanda bintang * yang Anda gunakan untuk mendeklarasikan pointer adalah tanda bintang yang sama dengan yang Anda gunakan untuk perkalian. Namun, dalam pernyataan ini tanda bintang digunakan untuk menunjuk variabel sebagai pointer.

Berikut ini adalah deklarasi pointer yang valid –

Jenis data aktual dari nilai semua pointer, apakah integer, float, atau lainnya, adalah sama, angka heksadesimal panjang yang mewakili alamat memori. Satu-satunya perbedaan antara pointer dari tipe data yang berbeda adalah tipe data dari variabel atau konstanta yang ditunjuk oleh pointer.

OKe itulah tadi pembahasan tentang Fungsi Pointer Bahasa Pemrograman Golang Part 1 semoga bermanfaat.