Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi rawurlencode() di php. perlu teman-teman ketahui sebelumnya, rawurlencode() adalah salah satu fungsi php yang berguna untuk mengembalikan string di mana semua karakter non-alfanumerik terkecuali karakter -_ ~ telah diganti dengan tanda persen (%) dan diikuti dua digit hex. Ini adalah pengkodean yang dijelaskan di »RFC 3986 untuk melindungi karakter literal supaya tidak ditafsirkan sebagai delimitator URL khusus, dan untuk melindungi URL agar tidak terputus oleh media transmisi dengan konversi karakter (seperti beberapa sistem email).

Dari fungsi tidak hanya sebatas untuk diterapkan di URL saja, fungsi tersebut juga bisa diterapkan untuk enkripsi text biasa seperti konten artikel di website teman-teman. Namun cara yang sering diterapkan dari rawurlencode() tersebut biasanya digunakan untuk halaman Redirecting URL, Return URL dan Referrer URL. Tentunya dari rawurlencode() tersebut memiliki decode yang artinya dapat mengembalikan URL ter-enkripsi ke dalam bentuk seperti semula yaitu rawurldecode(). Dan dari penjelasan tersebut akan saya berikan contoh sederhananya, dimana saya ingin enkripsi sebuah URL, teman-teman bisa ikuti tahapannya di bawah ini.

Berikut Tahapannya

  • Teman-teman buat terlebih dahulu satu buah folder dengan nama latihan di dalam root folder webserver terman-teman, disini saya menggunakan webserver xampp.
  • Selanjutnya buat lagi satu buah file dengan nama index.php di dalam folder latihan tersebut
  • Jika sudah ketikan kode seperti berikut

  • Seperti yang teman-teman lihat pada kode $url = rawurlencode(‘https://www.facebook.com/’); dan kode $konten = rawurlencode(‘Hallo, nama saya buyung. Saya khursus website di dumet school, dan saya sekarang sudah mahir membuat website.’); adalah kode untuk merubah URL dan Konten asli tersebut.
  • Jika sudah teman-teman save terlebih dahulu file tersebut, dan lihat hasilnya di browser teman-teman.

Sampai disini penjelasan saya mengenai fungsi rawurlencode() di php, semoga bermanfaat.