Dalam membuat website hal yang sering menjadi kendala adalah membuat suatu sistem yg dapat berjalan dengan baik. Hal ini diperlukan agar website kita mampu beroperasi dalam jangka waktu yang lama, sehingga alur program kita harus dirancang sedemikian rupa agar tetap relevan dengan perkembangan beberapa tahun kedepan.

Misalnya kita ingin membuat suatu pilihan pada kolom checkbox yang berisi opsi-opsi yanh kita tentukan. Opsi ini pastinya akan berubah seiring bertambahnya waktu. Waktu harus ada fungsi update pada website kita.

Sesuai dengan artikel ini, kita akan belajar tentang fungsi strchr pada PHP.  Apa hubunganya fungsi strchr dengan update website?. Fungsi ini bisa kita gunakan untuk mengupdate berita kita jika diperlukan, penggunaanya tentu disesuaikan dengan alur program kita.

Agar tidak bingung mari kita coba praktekan. Buatlah file berformat PHP, kemudian salin contoh code dibawah ini untuk pengaplikasian fungsi strchrnya.

Strchr.php

Setelah sudah kalian bisa simpan filenya di folder htdocs. Dan untuk melihat hasilnya kalian harus buka lewat browser dengan mengetikan localhost/nama folder kalian/nama file yg kalian simpan barusan.

Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.

Gambar diatas adalah tampilan awal jika kita tidak mengunakan strchr

gambar diatas adalah setelah menggunakan fungsi strchr pada checkbox, jika nama pada variable $word terdapat value dari opsi maka opsi tersebut akan di centang secara otomatis.

Kalian bisa buat dari prototype ini untuk membuat program website yang lebih kompleka sesuai dengan kebutuhan website kalian.

Sekian pembahasan mengenai fungsi strchr pada PHP. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kita saling mengasah kemampuan dalam dunia pemrograman, sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya yang tak kalah seru dan menantang.