Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan fungsi strtotime() di php. Apa itu strtotime() ? strtotime() adalah Fungsi untuk mengubah string dari tanggal atau waktu ke dalam standar timestamp Unix. Dan Nilai keluarannya adalah jumlah detik yang dhitung sejak 1 Januari 1970.

Jika pada versi php 5.3 sebelumnya, untuk menghitung selisih waktu menggunakan fungsi strtotime() untuk mengubah waktu awal dan waktu akhir ke dalam bentuk unixstamp kemudian dilakukan operasi pengurangan waktu akhir terhadap waktu awal untuk mendapatkan selisih waktu. Dan selisih waktu tersebut diubah kembali ke dalam bentuk tanggal normal dengan memanfaatkan fungsi date(). Untuk penggunaan nya pada versi php 5.3 ke bawah,

Dapat menggunakan kode seperti di bawah ini:

Namun untuk penggunaan nya pada versi php 5.4 ke atas terbilang lebih sederhana, cukup menggunakan kode seperti di bawah ini:

Jika di bandingkan dari keduanya, di antara keduanya terlihat tidak banyak perbedaan. Namun pada PHP versi 5.3 ke bawah dengan menggunakan kode yang mengandung faktor pembagian yang lebih rumit, sedangkan pada php versi 5.4 ke atas dengan menggunakan kode yang lebih sederhana dan lebih fungsional.

Sampai di sini penjelasan saya mengenai fungsi strtotime() di php, semoga bermanfaat