Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari bagaimana php memanipulasi string dengan bantuan dari fungsi ucwords dimana hasilnya adalah setiap awalan kata pada string tersebut berubah menjadi huruf kapital semua. Sekarang pada artikel kali ini kita akan membahas fungsi memanipulasi string yaitu kita akan belajar mengenai fungsi ucfirst pada PHP. Fungsi ini kurang lebih sama seperti ucwords, namun hasil akhirnya saja yang berbeda. Jika pada ucwords merubah setiap awal kata pada string, sedangkan ucfirst ini merubah awal kata pada kata pertama saja di dalam string. Contohnya kita punya string dengan kalimat nama saya udin. Ketika kita menggunakan fungsi ucfirst maka hasilnya akan berubah menjadi Nama saya udin. Hanya awal kata pertama saja yang berubah.

Cara penulisanya pun kurang lebih sama dengan penulisan fungis ucwords, kalian harus tentukan string mana yang akan kita rubah, baru nanti hasilnya akan muncul sesuai dengan perintah. Untuk itu kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. Buat file php terlebih dahulu dan salin contoh code dibawah ini.

ucfirst.php

Setelah sudah kalian bisa simpan file tersebut dengan format php. Dan untuk melihat hasilnya kalian buka lewat browser dengan mengetikan localhost/nama_folder/nama_file yang telah kita buat barusan. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini.

Inputkan contoh teks yang akan kalian manipulasi didalam teks box seperti gambar diatas.

Jika sudah diinput kalian bisa tekan tombol disamping teks box untuk melihat hasilnya seperti apa.

Jika berhasil maka hasilnya akan seperti gambar diatas.

Seperti itu kira-kira pengaplikasian dari fungsi manipulasi string, kalian bisa modifikasi untuk lebih detail sesuai kebutuhan website kalian.

Sekian pembahasan mengenai fungsi ucfirst pada PHP. Semoga bermanfaat ya, salam damai.