Bicara mengenai PHP adalah suatu bahasa pemrograman web untuk memanipulasi data agar lebih efisien saat digunakan. Hal yang sebelumnya manual kalian ketikan akan menjadi lebih ringkas dan komplek saat data tersebut kalian olah dengan PHP. Salah satu yang sering digunakan untuk mengolah data dengan PHP adalah string. Bagi kalian yang belum tau string itu apa, string adalah tipe data dalam bahasa dunia pemrograman yang berupa text. Text yang dimaksud ini adalah berupa kata, misalnya nama alamat itu termasuk string.Lalu contoh lainya adalah nomor telepon juga termasuk string, walau berupa angka namun angka tersebut tidak bisa dijumlah sehingga dianggap string.

Berbicara mengenai string, sesuai dengan pembahasan kali ini kita akan mencoba memanipulasi sebuah string yaitu mempelajari fungsi ucwords pada php. Ucwords adalah suatu fungsi php yang bertugas untuk memanipulasi string. Setiap awalan kata pada string tersebut akan berubah menjadi huruf kapital. Misalnya, kalian mempunyai string saya belajar di dumet school. Saat kalian menggunakan fungsi ucwords pada string tersebut maka hasilnya akan berubah menjadi Saya Belajar Di Dumet School. Seperti itu kira-kira penggunaan ucword.

Lalu bagaimana cara penulisanya pada script php ? kalian bisa ikuti contoh kasus dibawah ini. Pertama kalian salin contoh code dibawah ini.

ucwords.php

Setelah sudah kalian simpan filenya dalam folder htdocs kalian dan berinama sesuai dengan keinginan kalian tetapi jangan lupa untuk menyimpan filenya dalam format .php. Untuk melihat hasilnya kalian bisa buka browser dan ketikan localhost/nama_folder/nama_file yang telah disimpan pada folder kalian di dalam htdocs. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti ini.

Muncul form seperti gambar diatas, kalian bisa coba isi dengan teks sesuka kalian dengan huruf kecil semua ya.

Jika sudah seperti contoh pada gambar diatas, kalian tekan tombol disamping teks box tersebut untuk melihat hasilnya.

Hasilnya akan seperti gambar diatas, teks yang kita input tadi akan dirubah menjadi huruf kapital pada awal katanya. Mudah bukan ?

Sekian pembahasan mengenai fungsi ucwords pada PHP. Semoga bermanfaat.