Inheritance atau Pewarisan/Penurunan adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat ‘menurunkanproperty dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritancedigunakan untuk memanfaatkan fitur ‘code reuse’ untuk menghindari duplikasi kode program.

Konsep inheritance membuat sebuah struktur atau ‘hierarchyclass dalam kode program. Class yang akan ‘diturunkan’ bisa disebut sebagai class induk (parent class), super class, atau base class. Sedangkan class yang ‘menerima penurunan’ bisa disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atauheir class.

Tidak semua property dan method dari class induk akan diturunkan. Property dan method dengan hak akses private, tidak akan diturunkan kepada class anak. Hanya property dan method dengan hak akses protected dan public saja yang bisa diakses dari class anak.

berikut struktur cara pengunaan Inheritance :

wedfwefwfwefewfewfwefwefewfwfwefwefwfwfwef

seperti contoh di atas bahwa class ambil bisa mengambil propertis dan funciton yang ada pada class kontrol , jadi semua isi pada class kontrol di turunkan kepada class ambil.