Pengkodingan merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh para developer. Bagaimana tidak, pengkodingan adalah untuk membangun sebuah situs dengan berbagai logika sehingga bisa digunakan oleh user dan menyimpan data. Baik Anda yang merupakan programmer pemula maupun yang sudah jago koding pasti bisa lebih bernapas dengan lega karena ada CodeIgniter yang membuat pekerjaan developer situs berbasis PHP semakin mudah dan cepat. CodeIgniter menggunakan prinsip MVC (Model, View, Controller) yang membutuhkan koordinasi serta komunikasi yang baik antara programmer dengan desainer.

Selain bisa membuat pengkodingan lebih cepat dan sederhana, CodeIgniter memiliki beberapa kelebihan lain dibandingkan dengan framework PHP lainnya. Berikut adalah kelebihan tersebut:

 

Performa yang cepat

Mungkin Anda enggan membangun situs dengan menggunakan framework karena eksekusinya yang lambat dibandingkan dengan membuat PHP dari nol. Namun dengan CodeIgniter Anda bisa bekerja lebih cepat bahkan diklaim bahwa CodeIgniter merupakan framework PHP yang tercepat dibandingkan dengan framework lainnya. Dengan eksekusi framework yang lebih cepat maka situs yang sedang Anda bangun akan selesai lebih cepat sehingga pekerjaan Anda akan semakin ringan.

 

Konfigurasi yang mendekati nol

Untuk menyesuaikan dengan database dan kelegaan routing perlu dilakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti routes.php, dan config.php. Tetapi dengan menggunakan CodeIgniter dengan settingan dasar, Anda tidak perlu lagi banyak mengubah settingan yang terdapat pada folder config.php.

 

Komunitasnya sudah besar

Karena sudah banyak digunakan dan memberikan banyak kemudahan, banyak sekali komunitas pengguna CodeIgniter yang dibentuk oleh para developer, programmer, maupun desainer. Dari komunitas yang bisa dicari secara online ini Anda bisa mendapatkan informasi terbaru serta trik-trik agar pekerjaan programming Anda semakin mudah dan sederhana.

 

Mudah digunakan bahkan untuk yang masih amatir

Jika Anda memiliki paket instalasi CodeIgniter, pasti akan disertakan dengan user guide yang sangat berguna untuk memberikan penjelasan mengenai cara instalasi maupun konfigurasi aplikasi. Bahasa yang digunakan pun mudah dipahami sehingga bagi developer yang masih pemula dan awam menggunakan framework  PHP sangat cocok bila membangun website dengan menggunakan CodeIgniter.