Kabar gembira bagi para programmer di Indonesia karena CodeIgniter sudah diluncurkan versi terbarunya dengan framework yang lebih stabil dan pastinya lebih mudah digunakan. CodeIgniter merupakan aplikasi yang digunakan untuk membangun situ dengan menggunakan framework PHP dan menggunakan konsep MVC (Model, View, dan Controller) yang sudah sangat populer di kalangan developer.

Kepopuleran MVC adalah karena komposisinya yang mampu membangun situs dengan lebih terstruktur dan lebih sederhana dalam tahap pengkodingan. CodeIgniter pertama kali diluncurkan pada tanggal 28 Februari 2006 oleh Ellis Lab dan sejak  bulan Oktober 2014 lalu sudah berpindah tangan kepemilikan menjadi milik British Columbia Institue of Technology yang merupakan sekolah tinggi teknologi terkemuka di Kanada.

Keputusan Ellis Lab untuk memindahtangankan CodeIgniter ini adalah karena sumber daya internalnya yang belum memadai untuk mengembangkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi web yang lebih stabil. Sejak berpindah tangan ke British Columbia Institute of Technology, CodeIgniter baru mengeluarkan versi terbarunya pada bulan Maret 2015 dengan versi 3.0.0 yang lebih stabil dan menjadi angin segar bagi para developer.

Disampaikan melalui forum.codeigniter.com, BCIT mengumumkan peluncuran versi terbaru yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Apa saja perbedaan yang dapat Anda rasakan menggunakan CodeIgniter versi terbaru ini? Berikut adalah daftarnya:

  1. Dibandingkan dengan versi sebelumnya yang menggunakan Ellis Lab open source license, versi terbaru ini menggunakan MIT license yang jauh lebih terjamin dan canggih.

  2. Database driver yang lebih luas dan dikembangkan lebih jauh dibanding dengan versi sebelumnya

  3. Kini PDO CodeIgniter sudah bisa berfungsi secara penuh dengan subdriver

  4. Session pustaka yang baru telah disediakan

  5. Selain itu pustaka encryption juga diperbarui

  6. Peningkatan dan perluasan unit testing dan cakupan kode

  7. Meski disarankan untuk menggunakan PHP versi 5.4 atau yang lebih baru, namun CodeIgniter versi 3.0 ini juga masih bisa digunakan dengan PHP versi 5.2.4

  8. Default database-nya sudah menggunakan MySQLi

Untuk bisa menikmati CodeIgniter yang bisa membuat pekerjaan programming Anda jauh lebih mudah dan cepat Anda cukup mengunjungi situs resmi dari CodeIgniter dan langsung mengunduhnya.