Pada artikel kali ini saya akan membandingkan antara Lebih Baik Mana Antara Query Builder VS Eloquent Pada Laravel, jika anda pengguna laravel untuk framework anda maka di laravel terdapat 2 jalan atau cara untuk berinterakasi dengan database yaitu Query builder Dan Eloquent.  JIka laravel menyediakan 2 cara untuk berinterakasi dengan database pastilah terdapat perbedaan di antara kduanya yang mana bisa saja berbeda dari kecepatan, funsgsionalitas atau security. Nah untuk itu saya akan membahas keduanya secara head to head yang mana yang lebih baik .

Query Builder
Query builder adalah seperti namanya dimana query tersbut menyediakan antaramuka yang mudah di pahami untuk programmer dimana kelebihan dari query ini kita tidak perlulagi menfilter karena query builder menggunakan PDO parameter binding untuk untuk melindungi aplikasi kita dari serangan injeksi SQL jadi kita tidak perlu lagi melakukan filter string sebagai binding. Contoh query dari Query Builder adalah sebagai berikut :

Eloquent
Eloquent adalah sebuah orm yang menggunakan active record yang membuat jika kita membuat sebuah model maka database kita akan sama dengan model tersbut contoh: jika saya membuat model Article maka database yang di hasilkan juga akan sama. Berikut adalah query menggunakan eloquent :

Seperti itulah perbedaan di antara keduanya , untuk selanjutnya saya akan bandingan antara keduanya di artikel selanjutnya